Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:05 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media “Smart Sandwich” untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IVB SD Strada Bina Mulia I
Bibliografi
Author: ANASTASIA, HERNILAND ; Anugraheni, Indri (Advisor)
Topik: Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Herniland Anastasia’s Undergraduate Theses.pdf (2.02MB; 29 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-419
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan saat proses belajar mengajar berlangsung sebagai perantara atau penghubung untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar. Hasil belajar merupakan hasil yang telah dicapai oleh siswa dalam bentuk angka atau skor setelah dilakukan aktivitas belajar dan juga untuk mengetahui perubahan tingkah laku siswa yang dapat diukur. Pembelajaran Matematika sekolah dasar adalah kegiatan terencana yang bertujuan untuk memberi pengalaman belajar matematika kepada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran “Smart Sandwich” untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas IVB SD Strada Bina Mulia I. Subjek penelitian adalah wali kelas IVB dan siswa kelas IVB SD Strada Bina Mulia I yang berjumlah 39 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dengan menggunakan media pembelajaran “Smart Sandwich”. Peneliti melakukan pembelajaran matematika materi sifat bangun ruang balok dan kubus pada siklus I sedangkan materi jaring-jaring bangun ruang balok dan kubus dilakukan pada siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar matematika materi geometri terlihat dari perbandingan nilai rata-rata postes siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata postes siklus I memperoleh nilai 61,14 dan nilai rata-rata postes siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,14. Nilai rata-rata postes siklus I dan nilai rata-rata psotes siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,00. Setelah itu, nilai rata-rata postes siklus I dan siklus II dibandingkan dengan KKM yaitu 68,0. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan sebagai bahan refrensi bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometr
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)