Memahami teori tentang bagaimana seseorang belajar matematika serta kemampuan dalam menerapkannya merupakan persyaratan penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Pembelajaran matematika harus dibangun dengan penekanan pada aspek penalaran dan pemahaman siswa, maka konsep yang dipelajari akan memiliki arti, terstruktur, dan memiliki keterkaitan dengan lingkungan di sekitarnya. Siswa memerlukan suasana belajar yang aktif dan terarah untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Pembelajaran yang kondusif juga akan membantu siswa untuk mendapatkan hasil belajar matematika yang tinggi. Model pembelajaran kooperatif dapat membantu siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang tinggi. Model pembelajaran kooperatif memiliki beberapa metode pembelajaran, salah satunya adalah STAD (student teams achievement division) yaitu metode yang menekankan kepada kerja sama kelompok untuk menyelesaikan sebuah masalah. Kelompok akan terbentuk sesuai dengan pembagian hasil belajar, jenis kelamin, agama, suku, dan latar belakang sosial. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II B SD Insan Teratai dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatkan hasil belajar matematika dapat dilihat pada deskripsi siklus I yang dilakukan dalam sekali pertemuan, yaitu pada tanggal 17 April 2017. Pada kegiatan siklus I peneliti mendapatkan adanya keaktifan siswa di kelas dan adanya peningkatan nilai rata-rata pada hasil belajar matematika siswa kelas II B SD Insan Teratai. Nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 75,8. Ada pun, siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus ke II dilakukan dalam sekali pertemuan, yaitu pada Kamis, 20 April 2017. Pada kegiatan siklus II peneliti mendapatkan adanya keaktifan siswa di kelas dan adanya peningkatan nilai rata-rata pada hasil belajar matematika siswa kelas II B SD Insan Teratai yang semakin tinggi. Nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 84,8 dan seluruh siswa mencapai nilai ketuntasan yaitu 65. Peningkatkan keaktifan dan peningkatan hasil belajar matematika yang dialami siswa kelas II B SD Insan Teratai cukup signifikan. Hasil belajar matematika meningkat dengan peningkatan 9 poin dari siklus I dengan rerata 75,8 menjadi 84,8. Hasil belajar matematika siswa kelas II B dapat meningkat karena adanya upaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Berdasarkan hasil penelitian ini, guru disarankan dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika di kelas. |