Minat belajar adalah suatu tindakan yang dilandaskan rasa ketertarikan karena rasa senang yang timbul tanpa ada yang meminta sehingga mendorong peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Tanpa minat, kegiatan pembelajaran menjadi tak berarah dan menjadi suatu hal yang sia-sia karena materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak terserap dengan baik oleh siswa. Salah satu metode pengajaran yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar adalah metode permainan. Metode permainan adalah cara menagajar yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Di dalam metode ini, guru dituntut untuk berkreasi dengan cara mengasah kreatifitasnya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan. Metode permainan dapat diterapkan pada setiap pembelajaran terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Bagi beberapa siswa, Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang membosankan, terutama bagi siswa yang diajar oleh guru dengan metode pengajaran yang tidak variatif. Melalui permainan, siswa mampu mempelajari Bahasa Indonesia secara berbeda dan menyenangkan sehingga mendongkrak minat belajar Bahasa Indonesia.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode permanan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV Global Sevilla Puri Indah International School Jakarta. Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah siswa yang diteliti adalah 18 siswa. Jenis penelitian yang diterapkan yakni penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasl penelitian ditulis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa pada siklus I minat belajar Bahasa Indonesia dengan topk Pilihlah Kegemaran yang Bermanfaat mendapat jumlah skor angket minat 598 dengan rata-rata skor 33,22 dalam kategori minat tinggi. Pada siklus II minat belajar Bahasa Indonesia dengan topik Koperasi Sekolah mengalami peningkatan, yakni dengan jumlah skor 656 pada rata-rata skor 36,44 dalam kategori minat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan mampu meningkatkan minat belajar siswa, mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, dan mampu menggali potensi kreatifitas guru serta siswa dalam pembelajaran. Kemudian, berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa guru dapat menambah wawasan pengetahuan terkait meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa dan juga diharapkan pihak sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan pada proses pembelajaran terkait peningkatan minat belajar. Bagi para mahasiswa PGSD UNIKA Atma Jaya diharapkan mampu mempelajari hasil penelitian ini dengan baik, sehingga tercipta suatu inovasi di bidang pendidikan. |