Membaca pemahaman merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan membaca yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang terkandung dalam teks bacaan. Pembelajaran membaca pemahaman tidak dapat dilakukan secara asal-asalan karena minimalnya kegiatan ini melibatkan dua keterampilan dasar membaca yakni keterampilan visual dan keterampilan kognitif. Keterampilan visual merupakan keterampilan mengenali lambang-lambang tulis dalam teks dan keterampilan kognitif merupakan keterampilan memaknai informasi dan pesan yang terdapat dalam teks tersebut. Lemahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan akan berdampak pada menurunnya prestasi akademik siswa, sehingga kemampuan dalam membaca pemahaman sangat diperlukan. Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dapat dilakukan salah satunya dengan metode membaca (Generating Interaction between Schemata and Text) GIST. Metode membaca GIST terdiri dari 3 (tiga) tahap yakni tahap prabaca, tahap membaca, dan tahap pascabaca. Selain itu, bahasa Indonesia juga sebagai penghela mata pelajaran lainnya sehingga harus lebih dalam dipelajari dan dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode GIST dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Strada Cakung yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melaksanakan siklus sebanyak dua kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siklus pertama yakni 75,53 menjadi 86,54 pada siklus kedua. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 11,01. Berdasarkan rata-rata tersebut, jumlah siswa yang dinyatakan tuntas atau nilai mencapai KKM pada siklus pertama sebanyak 19 (70,37%) siswa dan siklus kedua sebanyak 25 (92,59)%. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil membaca pemahaman dengan metode GIST sebesar 22,22%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan penerapan metode GIST dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa menjadi lebih baik. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada guru agar dapat menerapkan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode GIST. |