Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:58 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Melalui Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD Strada Dipamarga – Klender
Bibliografi
Author: KINANTHI, AGATHA DYAH DWI ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Pembelajaran kooperatif; Student Team Achivement Divison (STAD); Kecerdasan Interpersonal; Pembelajaran IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Agatha Dyah Dwi Kinanthi’s Undergraduate Theses.pdf (647.2KB; 10 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-402
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar dalam kelompok. Kelompok tersebut memiliki tanggung jawab selain pada setiap individu tetapi untuk kelompoknya. Setiap anggota memiliki kesempatan sukses yang sama dan harus memiliki tanggung jawab. Salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dasar yaitu IPA. Di dalam pembelajaran IPA, siswa belajar mengenai benda-benda di permukaan bumi, peristiwa yang ada di alam, kenampakan permukaan bumi, dan melakukan percobaan secara kelompok. Salah satu kecerdasan yang dapat dikembangkan dari kegiatan kelompok adalah kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal perlu dikembangkan pada siswa dalam hal toleransi, tanggung jawab, kepekaan diri, dan interaksi. Metode yang dapat digunakan dalam meningkatan kecerdasan interpersonal adalah Student Team Achievement Divison (STAD). STAD adalah salah satu model dari pembelajaran kooperatif yang pembahasan kegiatannya dipusatkan pada siswa dan memungkinkan siswa untuk belajar dalam kelompok. STAD menggabungkan siswa berdasarkan karakteristik dan tingkat kemampuan yang berbeda dalam suatu kelompok. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru lalu mereka akan bekerja dalam kelompok untuk saling memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapaan metode Student Team Achievement Divison (STAD) dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa melalui pembelajaran IPA di kelas IV SD. Strada Dipamarga, Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Strada Dipamarga yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 15 siswa putra dan 22 siswa putri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan siklus sebanyak dua kali dengan menggunakan instrumen kecerdasan interpersonal. Analisis hasil penelitian dideskripsikan menggunakan teknik deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan mengenai tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD. Strada Dipamarga tahun ajaran 2016/2017 dalam kehidupan bersosialisasi di sekolah menunjukan bahwa ada peningkatan rata-rata kelas dari penyebaran angket kecerdasan interpersonal dari sebelum siklus sampai setelah diterapkannya metode Student Team Achievement Divison (STAD). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa: 1. Penerapan metode kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD. Strada Dipamarga. 2. Rata-rata nilai yang diperoleh dari sebelum siklus sebesar 82 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 83, dan pada siklus II menjadi 87. Apabila dilihat berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari sebelum siklus sampai siklus I terjadi peningkatan sebanyak 1 poin, siklus I sampai siklus II peningkatan sebanyak 4 poin, dan sebelum siklus sampai siklus II sebanyak 5 poin. 1.Pada pra siklus, jumlah siswa dengan kecerdasan interpersonal kategori “Baik” hingga “Amat Baik” berjumlah 24 siswa. Pada siklus I jumlah siswa dengan kecerdasan interpersonal kategori “Baik” hingga “Amat Baik” meningkat menjadi 28 siswa. Pada siklus II jumlah siswa dengan kecerdasan interpersonal kategori “Baik” hingga “Amat Baik” meningkat menjadi 32 siswa. Apabila dibandingkan antara kecerdasan interpersonal kategori “Baik” hingga “Amat Baik” dari pra siklus sampai siklus II maka terdapat peningkatan jumlah siswa kategori “Baik” hingga “Amat Baik” sebanyak 8 orang. 2. Hasil penerapannya berdasarkan dimensi menunjukan dimensi kedua (social sensitivity) mengalami peningkatan dari sebelum sampai siklus II sebesar 8,3 poin, dimensi pertama (social insight) mengalami peningkatan dari sebelum sampai siklus II sebesar 4,8 poin, sedangkan untuk dimensi ketiga (social communication) mengalami peningkatan dari sebelum sampai siklus II sebesar 1,8 poin. 3. Penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) yang digunakan dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih baik dalam bekerjasama dalam kelompok sehingga dapat membantu siswa lebih terampil dan berani dalam menyampaikan ide/pendapatnya dalam kelompok, saling menghargai teman dan guru, menghormati teman yang sedang berbicara, dan mampu memberikan kesempatan dan mendengarkan teman dalam menyampaikan pendapatnya. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Student Team Achievement Divison (STAD) dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Jadi disarankan bagi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dalam bersosialisasi dan mengembangkan seluruh aspek kepribadian siswa khusunya kecerdasan interpersonal dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divison (STAD) pada mata pelajaran IPA.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)