Anda belum login :: 17 Feb 2025 11:24 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Luas Persegi dan Persegi Panjang pada Siswa Kelas III B SDN 02 Kebon Kelapa Jakarta Pusat
Bibliografi
Author: PAPILAYA, NOVITA ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Media Pembelajaran; Pemahaman Konsep; Dan Pembelajaran Matematika.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Novita Papilaya’s Undergraduate Theses.pdf (7.62MB; 15 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-400
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran adalah suatu alat bantu untuk menyampaikan pesan oleh pengajar agar materi dapat mudah dipahami dan mempertinggi hasil belajar. Media pembelajaran dapat digunakan guru untuk menjelaskan pemahaman konsep pelajaran. Pemahaman konsep adalah suatu kemampuan seseorang dalam menangkap inti informasi dan dapat menjelaskan dengan menggunakan kata-kata sendiri. Pembelajaran matematika adalah suatu proses belajar mengajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berfikir siswa yang dapat meningkatkan kemampuan membangun pengetahuan baru. Dalam pembelajaran matematika penggunaan media dapat membantu guru dalam menyampaikan dan menjelaskan materi dengan konsep yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III B SDN 02 Kebon Kelapa Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, dengan jumlah laki – laki 16 siswa dan perempuan 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK, teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi dan tes. Hasil observasi dianalisis secara deskripstif; hasil tes dianalisis dengan mencari rata – rata dari pretes dan postes dan membandingkan nilai pretes dan postes serta membandingkannya dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada siklus I siswa dapat menemukan rumus persegi dan persegi panjang dengan menggunakan media persegi dan persegi panjang beserta satuan petak. Pada Siklus II siswa dapat membuktikan luas permukaan persegi dan persegi panjang serta permainan matematika dengan konsep luas menggunakan media karton berpetak beserta dua buah dadu. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep pengukuran luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III B SDN 02 Kebon Kelapa. Hal ini dapat dilihat pada Siklus I dari nilai rata – rata pretes 66,45 dan postes meningkat menjadi 75. Pada Siklus II nilai rata – rata pretes 84,13 dan postes meningkat menjadi 91,08. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mengoptimalkan dan memanfaatkan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pada pelajaran matematika.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)