Pembelajaran IPA menekankan aspek proses bagaimana siswa belajar dan efek dari proses belajar bagi perkembangan siswa itu sendiri. Untuk dapat mengembangkan proses belajar siswa, guru menerapkan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pendekatan saintifik adalah pendekatan ilmiah yang mengharuskan adanya lima keterampilan proses dalam pembelajaran. Keterampilan proses tersebut meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hasil, keaktifan belajar siswa adalah kegiatan yang meningkatkan fisik, perilaku, dan kemampuan berfikir siswa dalam mencari informasi pada proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VA SD Strada Dipamarga pada pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah peneliti, guru IPA dan siswa kelas VA SD Strada Dipamarga yang berjumlah 37 peserta didik, yaitu 18 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan masing-masing dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif yaitu deskripsi data dari hasil observasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian : Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam tahapan mengamati siswa fokus dalam menyimak penjelasan maupun fokus dalam melakukan pengamatan, pada tahap menanya siswa juga mampu aktif menyampaikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi. siswa pun mampu menjawab dengan tepat. tahapan mengumpulkan informasi siswa aktif dalam bekerja sama dengan kelompok, aktif membaca, menerapkan apa yang diperoleh dalam menyelesaikan tugas terlibat dalam pemecahan masalah, pada tahap menarik kesimpulan siswa melatih diri dalam memecahkan soal dengan diskusi dan manyampaikan ide ide dalam kerja kelompok. Pada tahap mengomunikasikan siswa mampu melatih dalam menjelaskan ide-ide yang dimilikinya. Serta siswa menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru untuk untuk lebih kreatif mengemas kegiatan. Selain itu, bagi sekolah disarankan aktif memberikan pelatihan pada para guru untuk dapat menyiapkan suatu pembelajaran yang mengembangkan cara mengajar dengan pendekatan saintifik. Agar keaktifan belajar peserta didik meningkat dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik perlu mengikuti kegiatan belajar dengan penerapan pendekatan saintifik supaya pembelajaran menyenangkan dan bermakna. |