Bahan ajar merupakan penuryang pembelajaran yang sangat penting dalam implementasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar. Bahan ajar sangatlah penting dalam pembelajaran karena bahan ajar digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang digunakan guru untuk mengajar. Pada kenyataannya ketersediaan bahan ajar mencakup materi yang relevan dengan kondisi siswa dan sekolah masih perlu diperbaiki. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar tematik sub tema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV sekolah dasar.Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Borg and Gall dalam Sugiyono(2013). Metode ini digunakan untuk mengetahui (1) prosedur pengembangan, (2) kualitas produk bahan ajar sub tema keunikan daerah tempat tinggalku untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Bahan ajar tematik yang dikembangkan harus sesuai antara kompetensi dasar, indikator, dan materi, dengan tema yang telah ditentukan. Pada saat melakukan pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Kemudian teknik analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian pengembangan ini melalui 7 tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5)revisi desain produk, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar tematik sub tema keunikan daerah tempat tinggalku yang telah dikembangkan dan ditinjau dari aspek tujuan, desain, serta isinya menurut ahli materi dan ahli desain, guru Bekasi, memiliki rata-rata skor 85,13% dan masuk kategori "sangat baik". Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran sub tema keunikan daerah tempat tinggalku untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Pengembangan perangkat bahan ajar tematik sub tema keunikan daerah tempat tinggalku dilakukan dengan mengacu pada langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan, peneliti menggunakan tujuh langkah pengembangan dalam melakukan pengembangan bahan ajar tematik sub tema keunikan daerah tempat tinggalku dikarenakan adanya keterbatasan dalam melakukan penelitian ini diantaranya keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya dalam melakukan penelitian pengembangan ini. 2.Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan telah dihasilkan produk berupa bahan ajar tematik sub tema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh maka terdapat saran: (1) bagi guru yaitu agar dapat menggunakan bahan ajar yang peneliti kembangkan sebagai referensi dalam mengajar, (2) bagi sekolah agar dapat mendukung guru-guru untuk aktif melakukan pengembangan perangkat pembelajaran, salah satunya bahan ajar, (3) bagi prodi agar dapat melakukan pelatihan-pelatihan pengembangan bahan ajar bagi guru-guru sekolah dasar. |