Perilaku sosial adalah suatu status psikologis yang ditandai dengan adanya ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Seiring berkembangnya handphone, ternyata situasi psikologi siswa juga mengalami reaksi yang beraneka macam. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dampak penggunaan handphone terhadap perilaku sosial siswa disekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dikemukakan Bogdan dan Taylor (dalam Moleong 2006:4). Peneliti menggunakan prosedur pengambilan sampel bola salju/berantai (snowball/chain sampling) pengambilan sampel dilakukan secara berantai dengan meminta informasi pada orang yang telah diwawancari atau dihubungi sebelumnya. Instrument dalam pengumpulan data adalah catatan lapangan peneliti. Dalam hal ini peneliti tidak saja hanya sebagai pelapor hasil penelitian saja, tetapi juga merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, serta penafsiran data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan FGD. Dalam menganalisis data kualitatif ada 5 tahapan proses yang digunakan yaitu membaca data, koding, kategorisasi, reduksi data dan interpretasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan FGD dengan siswa kelas IV dan V SD mardi Yuana, maka dapat disimpulkan bahwa handphone dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif terhadap siswa. Dampak positif dari handphone antara lain dengan menggunakan handphone dapat menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi, mempermudah komunikasi siswa dengan orang tua dan teman mereka, sebagai penghibur pada saat siswa jenuh belajar dan terdapat fitur internet yang dapat membantu siswa mencari informasi. Selain dampak positif dari penggunaan handphone yang cukup banyak, namun ada juga dampak negatif bagi siswa yang patut diwaspadai dan seharusnya dihindari, antara lain rawan terhadap tindak kejahatan, mengganggu waktu jam belajar siswa dan penyalahgunaan fitur internet. Dari hasil penelitian siswa kelas IV dan kelas V SD Mardi Yuana Depok dapat diketahui bahwa siswa memiliki waktu tertentu dalam menggunakan handphone sehingga handphone tidak selalu berdampak negatif, melainkan handphone dapat memberikan dampak yang positif terhadap perilaku sosial siswa. |