Diterapkannya kurikulum 2013 mengharuskan seluruh sekolah, khususnya jenjang pendidikan sekolah dasar untuk melaksanakan pembelajaran tematik. Untuk melaksanakan pembelajaran tematik diperlukan strategi pembelajaran tematik. Strategi pembelajaran tematik adalah suatu rencana atau prosedur pembelajaran yang memuat rangkaian kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa dengan memilih prosedur, metode dan teknik mengajar dan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, diantaranya yaitu RPP dan penilaian. Masalah yang dihadapi guru terletak pada sulitnya menyusun strategi pembelajaran tematik, antara lain mengaitkan kompetensi dasar, indikator, kegiatan pembelajaran serta bentuk penilaian dengan tema yang akan diajarkan. Hal ini menyebabkan guru hanya berpatokan pada buku siswa sebagai acuan dalam mengajar. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang membutuhkan contoh strategi pembelajaran tematik yang menampilkan kesesuaian kompetensi dasar dan indikator, serta menampilkan kegiatan yang menarik bagi siswa dengan dilengkapi dengan rubrik penilaian. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan produk berupa strategi pembelajaran tematik subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (RnD). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Sedangkan obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran tematik subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SD. Teknik pengumpulan data wawancara dan angket, hasil dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian : Proses pengembangan strategi pembelajaran tersebut dilakukan dengan tujuh langkah yakni, 1) melakukan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV untuk mendapatkan informasi mengenai kebutuhan strategi pembelajaran tematik 2) mengumpulkan informasi mengenai prosedur penyusunan strategi pembelajaran tematik 3) desain produk, yakni membuat rancangan strategi pembelajaran tematik berupa RPP,LKS dan penilaian 4) validasi ahli oleh 2 dosen ahli dan 5 guru kelas IV sebagai responden pengguna 5) revisi produk berdasarkan saran dan masukan dari dosen ahli dan guru kelas IV 6) uji coba strategi pembelajaran untuk mengetahui kelemahan strategi pembelajaran tematik 7) revisi strategi pembelajaran tematik setelah uji coba sebagai penyempurnaan produk final.Telah dihasilkan produk berupa strategi pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS dan penilaian tematik subtema keunikan daerah tempat tinggalku, yang telah melalui beberapa tahap antara lain validasi ahli yang melibatkan dua orang dosen dan lima orang guru sebagai responden diperoleh hasil “baik, dan layak digunakan di sekolah dasar kelas IV”. Menurut penilaian responden terhadap strategi pembelajaran diperoleh presentase validasi 88,97 % untuk RPP dan penilaian, sedangkan untuk LKS sebagai penilaian diperoleh presentase validitas 86,25 %. Dari presentase tersebut menunjukan bahwa strategi pembelajaran tematik subtema keunikan daerah tempat tinggalku untuk siswa kelas IV sekolah dasar memiliki kualitas “Sangat Baik”.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam mengembangkan strategi pembelajaran tematik diperlukan pelatihan bagi guru dalam melakukan pemetaan kompetensi dasar, indikator, kegiatan serta penilaian dalam proses penyusunan strategi pembelajaran tematik. |