Pengembangan merupakan suatu tindakan untuk mengembangkan atau menyempurnakan suatu produk yang sudah ada dan mampu dipertanggungjawabkan. Kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi mendorong manusia untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun. Salah satunya yaitu media video, media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Pada kurikulum 2013, pemerintah menganjurkan sekolah untuk melakukan pembelajaran tematik sehingga pada peneliti memilih unuk mengembangkan media video pembelajaran tematik. Pengembangan media pada pembelajaran tematik dapat dilakukan dengan tujuan pengembangan mempermudah seorang guru meransang pengetahuan siswa. Pembelajaran tematik adalah kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema/topik pembahasan. oleh sebab itu, penelitian ini berkonsentrasi pada video pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan media video pada pembelajaran tematik kelas III SD. (2) mengetahui tingkat kelayakan media video pembelajaran tematik pada pembelajaran di kelas III SD Strada Budi Luhur I Bekasi. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan tahap-tahap penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan model prosedural yang bersifat deskriptif. Akan tetapi, Penerapan langkah-langkah pengembangannya disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Langkah yang dilakukan adalah; pengumpulan data, perencanaan, pengembangan, validasi, revisi I, uji coba, revisi II, dan terkahir uji lapangan. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Produk media video pembelajaran tematik IPA dan PKN telah dihasilkan dengan kelayakan diperoleh dengan melakukan uji coba, validasi dan uji lapangan. Diperoleh dari ahli berupa masukan dan tanggapan, serta respon dari siswa dengan menggunakan angket diperoleh rata rata 2,72 masuk dalam klasifikasi tinggi dan peningkatan nilai pretest dan posstest pada tahap uji coba. Tingkat kelulusan dari 0 % menjadi 93% dan 100% masuk dalam klasifikasi sangat tinggi. Media video berbasis audio vidual pada pembelajaran tematik kelas III SD yang di kembangkan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik dikelas III. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya memberikan pelatihan atau workshop mengenai media yang memanfaatkan teknologi yang mendukung kegiatan pembelajaran dan sebaiknya pada proses pembelajaran guru diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran dengan memanfatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah. |