Anda belum login :: 26 Nov 2024 23:57 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Pop Up Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III B Sdk Santa Anna Jakarta Timur
Bibliografi
Author: REBECCA, ARIE ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Media Pop Up; Keterampilan Berbicara; Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Arie Rebecca’s Undergraduate Theses.pdf (1.96MB; 20 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-386
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Tercapainya tujuan pembelajaran ditandai dengan perubahan perilaku, baik perubahan perilaku yang besifat pengetahuan, keterampilan, ataupun yang bersifat nilai dan sikap. Dalam proses pembelajaran terdapat komponen-komponen yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran tersebut, diantara lain pendidik, pesertadidik, lingkungan, metode, teknikserta media pembelajaran. Pada kenyataannnya, apa yang terjadi pada proses pembelajaran sering kali berlangsung kurang efektif. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuangsia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi kesalahan dalam komunikasi antara guru dan siswa. Hal tersebut masih sering dijumpai pada proses pembelajaran selamaini.Denganadanya media pembelajaran makatradisilisandantulisandalam prosespembelajaran dapatdiperkayadenganberbagai media pembelajaran. Peneliti menggunakan media pop up dalam penelitian ini dengan tujuan media pop up ini dapat merangsang imajinasi anak untuk bercerita. Dengan menggunakan media pop uppada proses pembelajaran dapat melibatkan siswa untuk berpikir mengembangkan cerita secara lisan dari pengalaman yang dimiliki siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan media pop updalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti melakukan penelitian ini di SDK Santa Anna. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III B SDK Santa Anna dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa dan dibantu oleh guru kelas yang berperan sebagai observer. Pada proses pembelajarannya siswa diminta untuk mengamati media pop up yang sudah diberikan oleh peneliti. Dengan mengamati media pop up siswa dapat merangsang siswa berimajinasi dan mengembangkan cerita tersebut menjadi sebuah karangan cerita dan siswa mampu menceritakan kembali cerita tersebut. Dengan menggunakan media pop up dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III B SDK Santa Anna terlihat dari peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Padasiklus I pertemuanIterdapat 14 siswa yang nilainya masih di bawah KKM. Nilai rata-rata siswapada siklus I pertemuan I yaitu 73. Padasiklus I pertemuan II terjadi peningkatan pada setiap siswa, nilai rata-rata siswameningkatmenjadi 81 dan hanya terdapat 3 siswa yang belum memenuhi nilai KKM.Padasiklus II semua siswa memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata siswa 87. dilihat peningkatan dari siklus I kesiklus II ada 14poin. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam penggunaan media pop up dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Selain media pop up terdapat media-media lain yang lebih menarik yang bisa digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Guru dapat memilih menggunakan media yang mampu menarik siswa sehingga siswa lebih semangat selama proses pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)