Anda belum login :: 26 Nov 2024 10:01 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Sketsa Pada Mata Pelajaran SBK Bagi Siswa Kelas V SD Santa Maria Juanda Jakarta
Bibliografi
Author: CAHYONO, ALEXANDER ARIS DANUR ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Metode Demonstrasi; Hasil Menggambar Sketsa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Alexander Aris Danur Cahyono’s Undergraduate Theses.pdf (2.03MB; 2 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-385
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Seni lukis bagi anak-anak pada dasarnya merupakan bahasa komunikasi bagi anak- anak untuk mengungkapkan keinginan-keinginannya yang mungkin tidak dapat diungkapkan dengan cara yang lain. Melukis bagi anak-anak merupakan suatu ungkapan jiwa, kita dapat memahami perkembangan jiwa anak-anak melalui hasil goresan mereka sekalipun anak belum bisa berbicara. Metode demonstrasi adalah suatu strategi pengembangan dengan cara memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan mengamati dan mendengarkan diikuti dengan meniru pekerjaaan yang didemonstrasikan. Metode demonstrasi dapat membantu siswa untuk melihat secara langsung cara proses pembuatan gambar, sehingga hasil menggambar siswa mengalami peningkatan. Hasil menggambar sketsa adalah hasil gambar sederhana atau draf kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok tanpa detail, yang memakai objek tumbuhan, hewan, dan manusia, melalui beberapa aspek penilaian. Aspek-aspek penilaian tersebut antara lain: proposional bentuk objek, teknik arsiran, ketepatan gambar dengan objek, kerapian dan kebersihan hasil gambar, kreativitas melihat objek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk peningkatan hasil belajar menggambar sketsa pada mata pelajaran SBK dengan menggunakan metode demonstrasi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Tahapan setiap siklus melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penerapan metode demonstrasi pada setiap siklus menggambar objek pengamatan benda yaitu tumbuhan bonsai (beringin, karet), ikan dalam akuarium dan gambar siswa/siswi (manusia). Berdasarkan penerapan metode demonstrasi hasil menggambar sketsa pada kelas V B mengalami peningkatan. Rata-rata nilai hasil menggambar pada siklus I yaitu 77, pada siklus II yaitu 81, dan pada siklus III yaitu 85. Selain itu siswa yang tuntas hasil belajarnya juga meningkat, pada siklus I sebanyak 70%, pada siklus II sebanyak 85%, dan siklus III sebanyak 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar menggambar sketsa pada siswa kelas V B SD Santa Maria. Guru dan siswa dapat menerapkan metode demonstrasi dengan melalui siklus I siswa menggambar tumbuhan, siklus II siswa menggambar hewan dan pada siklus III siswa menggambar manusia, untuk menghasilkan hasil belajar menggambar sketsa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)