Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:08 WIB
Detail
BukuKarakteristik dan Motivasi Pelaksanaan Corporate Social Responsibilities di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
Bibliografi
Author: BOENTORO, SILVIA ANDRIAN ; Sijabat, Rosdiana (Advisor)
Topik: CSR; Karakteristik; Piramida CSR Carroll; Tanggung Jawab Filantropis (Philanthropic Responsibilities); Motivasi; Motif Emosional (Emotional Motives)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1925
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Berdirinya sebuah perusahaan baik perusahaan multinasional (MNC) maupun perusahaan domestik bertujuan untuk memperoleh profit sebesar mungkin. Selain untuk memperoleh profit perusahaan juga perlu menjalin relasi antara pihak-pihak yang terlibat baik internal maupun eksternal. Selain menjalin relasi, perusahaan juga perlu melaksanakan tanggung jawab yang dimiliki dan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan yang harus dilaksanakan adalah Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan menggunakan teori Piramida CSR menurut Carroll, tanggung jawab perusahaan dibagi ke dalam 4 (empat) elemen yaitu tanggung jawab ekonomi (economic responsibilities), tanggung jawab hukum (legal responsibilities), tanggung jawab etis (ethical responsibilities), dan tanggung jawab filantropis (philanthropic responsibilities). Keempat elemen tanggung jawab yang ada memiliki peran masing-masing dalam membentuk karakteristik pelaksanaan program CSR. Selain karakteristik diperlukan motivasi baik secara institusional (institutional motives) yang didasarkan karena adanya paksaan atau dorongan dalam melaksanakan program CSR, secara instrumental (instrumental motives) yang bertujuan untuk menurunkan resiko yang akan terjadi, atau secara emosional (emotional motives) yang menganggap bahwa program CSR merupakan suatu hal yang baik untuk dilakukan. Ketiga motif yang sudah disebutkan bertujuan untk meningkatkan pelaksanaan program CSR yang lebih baik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis tematik. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dengan tiga orang narasumber yang dipilih secara purposive. Kriteria yang digunakan untuk memilih narasumber adalah pengetahuan yang dimiliki para narasumber dalam merumuskan program CSR kemudian posisi yang dipegang memiliki peran penting dalam mewujudkan program CSR. Narasumber terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu 2 (dua) decision maker program dan kebijakan CSR serta 1 (satu) pelaksana CSR yakni officer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dilaksanakan atas dasar tanggung jawab filantropis (philanthropic responsibilities) mulai dari tahap awal perencanaan hingga tahap akhir evaluasi.
Program CSR juga didasarkan motif emosional (emotional motives) sebagai motivasi utama pelaksanaan program CSR karena segala bentuk kegiatan yang dilakukan merupakan hal yang benar untuk dilakukan (the right thing to do) sehingga seluruh program CSR di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dilakukan dengan sepenuh hati.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)