Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi _strat~gi komunikasi pemasaran Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi yang dilakukan oleh Unika Atma Jaya Jakarta. Sebagai organisasi pendidikan, Unika Atma Jaya dituntut untuk melakukan komunikasi pemasaran secara maksimal dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan dan target audience yang dirniliki agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptifberdasarkan pada teori Marketing Communication Tools oleh Smith dan AIDA oleh Kotler dan Armstrong. Obyek penelitian adalah strategi komunikasi pemasaran bagi Prodi lImu Komunikasi Unika Atma Jaya tahun ajaran 2015/2016, sedangkan subyek penelitian adalah Biro Marketing dan Public Relations Unika Atma Jaya, Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya dan mahasiswa Prodi I1mu Komunikasi Unika Atma Jaya angkatan 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan pengamatan sejarah. Hasil penelitian memmjukkan bahwa dalam pelaksanaan strategi: komunikasi pemasaran, dari 11 kegiatan komunikasi pemasaran, hanya enam kegiatan yang sampai kepada target audience yaitu personal selling, advertising. sales promotions, direct marketing, exhibitions, dan word of mouth. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh Unika Atma Jaya belum maksimal. |