Di era serba digital, perkembangan teknologi yang sangat pesat di bidang telekomunikasi membawa perubahan yang signifikan. Internet menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan yang serba cepat dan dinamis tersebut. Media sosial merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan internet. Di sisi lain, nilai gotong royong telah menjadi budaya yang melekat dengan masyarakat Indonesia. Kita Bisa merupakan crowdfunding yang telah meraih sejumlah prestasi di Indonesia. Tentu saja, dibutuhkan implementasi komunikasi pemasaran yang tepat untuk mempertahan eksistensinya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kita Bisa melalui media sosial Facebook terhadap pengambilan keputusan berdonasi berdasarkan AISAS. AISAS digunakan untuk menganalisa dampak yang diberikan atas program komunikasi pemasaran yang dilakukan terhadap pola perilaku dan pengambilan keputusan konsumen, yaitu Attention, Interest, Search, Action, dan Share. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran melalui media sosial Facebook yang dilakukan Kita Bisa memiliki pengaruh terhadap proses pengambilan keputusan berdonasi target yang dituju. Terdapat faktor lain di luar implementasi komunikasi pemasaran melalui media sosial Facebook yang juga memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan berdonasi target yang dituju. Dengan mengetahui ini, Kita Bisa diharapkan dapat terus meningkatkan manfaat dari penggunaan media sosial Facebook sekaligus meningkatkan faktor lain di luar pemasaran melalui media sosial untuk menambah pengaruh dari kegiatan pemasaran. |