Teknologi komunikasi dan informasi berbasis internet yang sedang berkembang saat ini membawa perubahan bagi organisasi. Keunggulan yang dimiliki internet seperti kecepatan, kemudahan, dan hemat biaya, metnbuat banyak organisasi menggunakan komunikasi berbasis internet dalam keberlangsungan organisasi mereka. Media sosial yang sedang marak digunakan saat ini adaiah Instagram. Instagram memiliki keunggulaa yaitu menampilkan foto atau video secara jelas disertai dengan judul atau caption tanpa batas huruf. Selait) itu Instagram memiliki fitur menarik seperti tersedianya bagian komemar. tombol like, fitur share, fitur Instagram Stories, dan lain sebagainya. Hal itu membuat Instagram menjadi media yang menarik untuk berbagi informasi dan untuk menjalin komunikasi. Penelitian ini menganalisis efektivitas stakeholder relations yang dilakukan oleh Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya melalui media sosial Instagram, Penelitian ini menggunakan metode penelitian survci dart observasi Responden dari penelitian ini adaiah mahasiswa Unika Atma Jaya, yang merupakan salah satu target sasaran dari penggunaan Instagram Unika Atma Jaya. Efektivitas stakeholder relations akan dilibat berdasarkan awareness, acceptance, dan action dari responden. Sementara, efektivitas media sosial Instagram itu sendiri akan dianalisis berdasarkan hasil observasi yang ddakukan terhadap akun Instagram Unika Atma Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram Unika Atma Jaya efektif sebagai wadah untuk membagikan informasi-in fomiasi seputar Unika Atma Jaya. Namun, Instagram Unika Atma Jaya masih memiliki kekurangan dalam memunculkan ketertarikan dan interaksi (acceptance) dan partisipasi nyata (action) mahasiswa setelah menerima pesan yang disampaikan. |