Penelitian ini dilakukan untuk raengetahm efektivitas kampanye PR organisasi GIDKP dalam meningkatkan kesadaran masyarakat atas dampak kantong plastik terhadap lingkungan dan bagaimana perubahan perilaku yang diperlukan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini antara lam: teori public relations, kampanye PR, efektivitas kampanye, organisasi nirlaba, collective action, efektivitas kampanye PR, dan kesadaran atas lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kajian dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa GIDKP sudah melakukan tahapan perencanaan dan pelaksanaan kampanye PR. Kampanye yang dilakukan oleh GIDKP berhasil meningkatkan kesadaran tentang fakta-fakta sampah plastik dan dampaknya terhadap lingkungan kepada sasaran publik yang ingin dituju yaitu kaum muda dan masyarakat terpelajar, serta berhasil mengubah gaya hidup target sasaran dalam mengurangi penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka menggantinya dengan reusable bag selanjutnya mereka juga memilah-milah sampah dan melakukan reuse, reduce dan recycle, sesuai dengan tujuan dari kampanye GIDKP, Dari sisi lain, kampanye GIDKP belum mampu merangkul semua kalangars masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, khususnya kantong plastik. Para relawan GIDKP juga belum sepenulmya berkomitmen dalam menjalankan berbagai kegiatan yang di laksanakan oleh GTDKP. |