Anda belum login :: 24 Nov 2024 01:21 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Strategi dan Kekuatan Kompetitif (Competitive Forces) Mercedes-Benz Indonesia pada Tingkat Bisnis Mobil Penumpang (Passenger Car) Model SUV
Bibliografi
Author:
ANGGRAENI, MICHELLE PUTRI
;
Sijabat, Rosdiana
(Advisor)
Topik:
Business-Level Strategy
;
Porter’s Five Forces
;
SUV
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2017
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2013021112-Michelle.pdf
(2.01MB;
108 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1920
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Industri otomotif yang terdiri atas perakitan, penjualan, serta reparasi merupakan salah satu industri utama yang akan terus dikembangkan di Indonesia. Menurut Gaikindo, penjualan produk otomotif terbesar di Indonesia didominasi oleh mobil SUV dengan pangsa pasar diatas 50 persen sejak tahun 2010 lalu. Besarnya pangsa pasar yang ditandai dengan tingginya jumlah penduduk dan tingkat konsumsi di Indonesia menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi investor, termasuk investor asing seperti Mercedes-Benz. Mercedes-Benz adalah salah satu produsen otomotif terkemuka asal Jerman yang juga ikut meramaikan aktivitas perakitan dan penjualan mobil SUV di Indonesia sejak tahun 2000. Penelitian kualitatif dengan studi kasus ini dilakukan untuk mengetahui strategi tingkat bisnis (business-level strategy) mobil SUV Mercedes-Benz Indonesia berdasarkan tipologi strategi Miles dan Snow (1978) serta kekuatan kompetitif (competitive forces) yang dimiliki mobil SUV Mercedes-Benz di Indonesia berdasarkan kerangka teori Porter’s Five Forces. Data primer diperoleh melalui (1) wawancara mendalam terhadap dua orang narasumber dari Product Management Department (PMT) Mercedes-Benz Indonesia dan (2) observasi partisipatif. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Kedua sumber data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Mercedes-Benz Indonesia cenderung menggunakan strategi analyzer pada tingkat bisnis mobil SUV. Kekuatan kompetitif mobil SUV Mercedes-Benz dalam menghadapi persaingan yang sangat kompetitif di Indonesia terletak pada rendahnya ancaman pendatang baru dan produk pengganti yang dialami serta tingginya kekuatan pembeli dan pemasok yang dimiliki.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)