Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan tipe industri terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure serta dampaknya pada nilai perusahaan. Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return On Asset (ROA), leverage diukur dengan rasio Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan menggunakan logaritma natural dari total asset, dan tipe industri menggunakan proksi high profile dan low profile. Corporate Social Responsibility Disclosure menggunakan 91 item social disclosure index. Nilai perusahaan menggunakan rasio Price Earning Ratio (PER). Penelitian ini dibagi menjadi dua model penelitian. Model penelitian pertama menguji pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan tipe industri terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Model penelitian kedua menguji pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, tipe industri, dan Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap nilai perusahaan. Model penelitian pertama menggunakan 187 data sampel dan model penelitian kedua menggunakan 151 data sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011 - 2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, dan tipe industri berpengaruh positif terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Pada model penelitian berikutnya menunjukan profitabilitas, ukuran perusahaan, tipe industri dan Corporate Social Responsibility Disclosure berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. sementara leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. |