PayPal merupakan suatu metode pembayaran elektronik yang membantu pelanggan dalam melakukan pembelian produk dari luar negeri secara online dengan menggunakan jaringan internet untuk bertransaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan PayPal sebagai metode pembayaran pembelian barang dari luar negeri dengan Security (keamanan), Perceived Speed (kecepatan), Ease of Payment (kemudahan dalam pembayaran), Convenience (kenyamanan), Anonymity (konfirmasi pembayaran), dan Traceability (melacak keberadaan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner ke karyawan/ti yang bekerja di perusahaan di Jakarta agar mendapatkan hasil responden yang sesuai dengan kriteria peneliti. Pengelolahan data dari hasil kuesioner diolah menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara beberapa variabel independen terhadap variabel dependen yang diteliti yakni keamanan (security), kecepatan (perceived speed), kemudahan dalam pembayaran (ease of payment), dan konfirmasi pembayaran (anonymity). Hasil regresi menunjukkan bahwa variabel independen kenyamanan (convenience) tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan PayPal sebagaimana diduga dalam hipotesis penelitian. Hal itu kemungkinan disebabkan karena kenyamanan fitur yang diberikan PayPal bukan faktor utama penentu pelanggan untuk memilih PayPal sebagai metode pembayarannya. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa ada empat (4) variabel independen yang memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan menggunakan PayPal, yaitu keamanan (security), kecepatan (perceived speed), kemudahan dalam pembayaran (ease of payment), dan konfirmasi pembayaran (anonymity). |