Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:57 WIB
Detail
BukuPengembangan Ludo Dan Kartu (LUDOKAR) Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas III SD Subtema Energi Alternatif
Bibliografi
Author: WANGI, RAMATIA AMBAR ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Media Pembelajaran; Ludokar; Tematik Subtema Energi Alternatif.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Ramatia Ambar Wangi’s Undergraduate Theses.pdf (4.53MB; 70 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-381
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pada penyampaian proses pembelajaran seyogyanya guru menguasai materi, model, metode dan media pembelajaran di kelas sesuai dengan karakteristik dan kondisi siswa. Proses pembelajaran merupakan kegiatan komunikasi. Kegiatan yang dilakukan guru kepada siswa dan sebaliknya, mempunyai arti penting dalam proses pembelajaran. Komunikasi antarguru dan siswa dalam pembelajaran dapat diefektikan dengan menggunakan media. Penggunaan media sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa untuk memudahkan proses belajar mengajar. Guru di zaman era globalisasi seperti ini, dituntut agar mampu mengembangkan media pembelajaran untuk proses belajar mengajar. Di lapangan masih ada beberapa guru yang mengandalkan media yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, khususnya media ludo yang dimodifikasi menjadi ludo dan kartu (Ludokar) subtema energi alternatif untuk kelas III SD yang divalidasi oleh ahli materi, serta ahli media dan desain, kemudian dievaluasi oleh guru dan siswa sebagai pengguna medianya. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Research and Development (RnD), dengan teori ADDIE sebagai acuan tahapan pengembangan. Ada 5 tahapan yang peneliti gunakan analisis, perancangan, pengembangan, implentasi dan evaluasi. Penelitian ini diawali dengan menganalisis. Tahap analisis yang dilakukan peneliti terdiri dari analisis Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), analisis karakteristik siswa, dan analisis indikator. Pada tahap selanjutnya yang dilakukan peneliti yaitu perancangan dengan mendesain media pembelajaran berupa Ludokar dan buku panduan. Tahap ini difokuskan untuk pemilihan materi yang sesuai dengan karakteristik dan tuntutan kompetensi yang diterapkan. Tahap ini peneliti melakukan evaluasi keseluruhan selama menyusun. Tahap pengembangan kegiatan menerjemahkan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik, sehingga menghasilkan produk pengembangan yang terdiri dari Media Pembelajaran Ludokar dan buku panduan. Tahap selanjutnya mengimplementasikan media pembelajaran yang dikembangkan dengan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Uji coba kelompok kecil terdiri dari 4 siswa, sedangkan kelompok besar 22 siswa. Setelah tahap implementasi, peneliti melakukan kegiatan evaluasi formatif. Hasil dari evaluasi kelompok kecil menunjukkan bahwa media yang peneliti buat disukai, kartu literatur terlalu kecil dan menarik. Saran dan masukkan evaluasi kelompok kecil menjadi perbaikan terhadap media. Hasil dari evaluasi kelompok besar yaitu disukai, menarik, dan membantu siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh berupa produk media pembelajaran ludokar, buku panduan guru untuk menggunakan permainan ludokar, dadu, serta kartu cerdas yang berisi soal – soal materi dan kartu literatur berisi pernyataan materi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk yang dibuat peneliti sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk guru dapat mengembangkan dan menggunakan media tematik di kelas III SD.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.3125 second(s)