Metode membaca pemahaman SQRQCQ adalah metode yang dipakai untuk meningkatkan pemahaman isi bacaan dan memahami soal cerita melalui enam langkah, yaitu survei, question, read, question, compute and question. Metode ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman soal cerita khususnya dalam pelajaran matematika. Soal cerita matematika adalah soal dalam bentuk cerita dan berkaitan dengan keadaan yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya terkandung konsep matematika. Penyelesaian soal cerita menurut Tapilouw (2010:12) melalui beberapa tahapan yaitu : (1) membaca dan memahami maksud dan isi cerita, (2) memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, (3) mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika, (4) menghitung dengan teliti kalimat matematika yang dibentuk, (5) memvalidasi solusi yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada soal cerita dengan penerapan metode membaca pemahaman SQRQCQ untuk siswa kelas IVB SDN 13 Cengkareng Barat. Hasil belajar adalah perubahan kemampuan siswa yang sebenarnya yang telah mengalami proses pengalihan ilmu pengetahuan dari seseorang. Dilakukan sebuah penilaian untuk mengetahui keberhasilan proses dan hasil belajar siswa. Penggunaan metode yang tepat oleh guru dapat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan dua siklus yang masing-masing satu kali pertemuan. Penelitian ini diadakan pada Januari sampai Juni 2017 dengan subjek penelitian 26 siswa kelas IVB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal untuk pretes, postes, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan telah meningkatnya hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata postes I yaitu 69.23 menjadi 79.23 pada postes siklus II. Begitu juga terjadi peningkatan pada rata-rata nilai LKS siklus I ke Siklus II sebesar 10.31 poin, yaitu dari 81.54 menjadi 93.85. Hal ini membuktikan bahwa metode membaca pemahaman SQRQCQ dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam penyelesaian soal cerita matematika dan meningkatkan membaca pemahaman isi bacaan yang memuat materi matematika. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan ini, peneliti berharap agar guru menerapkan metode membaca pemahaman SQRQCQ sebagai upaya untuk meningkatkan membaca pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita. |