Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pemberdayaan karyawan terhadap kinerja karyawan di Sekolah Menengah Atas XYZ Harapan Indah, Bekasi. Variabel yang digunakan adalah pemberdayaan karyawan yang terdiri dari empat dimensi yaitu Meaning, Competence, Self Determination dan Impact dan kinerja karyawan. Berdasarkan cara memperolehnya, data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Populasi dala penelitian ini adalah guru dan staff Sekolah Menengah Atas XYZ Harapan Indah, Bekasi yang berjumlah 58 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling yang termasuk non probability sampling. Untuk mendapatkan data-data yang mendukung penelitian ini, penulis membagikan 50 kuisioner kepada guru dan staff Sekolah Menengah Atas XYZ Harapan Indah, Bekasi.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, mean score, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F, dan uji t dengan menggunakan program SPSS versi 16 untuk windows. Dari hasil kuisioner diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari dimensi Meaning, Competence, Self Determination, dan Impact yang merupakan bagian dari variabel pemberdayaan karyawan terhadap kinerja, Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberdayaan karyawan terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Atas XYZ Harapan Indah, Bekasi |