Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan biaya relevan dalam pengambilan keputusan menghentikan atau melanjutkan permintaan pesanan produk goodiebag pada PT HASEA, dan menganalisis dampak pengambilan keputusan menghentikan atau melanjutkan permintaan pesanan produk goodiebag terhadap laba PT HASEA. Metode penelitian yang digunakan adalah memisahkan biaya campuran menjadi biaya tetap dan biaya variabel dengen menggunakan metode tinggi rendah/the high-low method, menyusun laporan laba rugi variable costing khusus lini produk goodiebag selama tahun 2014, menganalisis setiap biaya menjadi biaya relevan dan biaya tidak relevan, membuat analisis terhadap incremental revenue/loss untuk setiap alternatif, dan membandingkan kedua alternatif untuk pengambilan keputusan. Hasil analisis penulis atas lini produk goodiebag adalah sebaiknya PT HASEA tetap melanjutkan permintaan pesanan produk goodiebag karena jika permintaan pesanan dihentikan, kerugian PT HASEA semakin besar. |