Anda belum login :: 27 Nov 2024 04:17 WIB
Detail
BukuPerlindungan Konsumen Dalam Jual Beli Online : Studi Di Website Www.Cloth-Inc.Com
Bibliografi
Author: SUDRATA, MARIA ; Hadiarianti, Venantia Sri (Advisor)
Topik: Hukum Perdata; Perlindungan Konsumen; Jual Beli; Online Shop
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Sudrata's Undergraduate Theses.pdf (573.08KB; 38 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FH-4278
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kemajuan di bidang teknologi, komputer dan informasi mendukung pemanfaatan teknologi internet. Dengan internet, pelaku usaha lebih dimudahkan untuk menjalankan aktifitas bisnisnya. Penggunaan internet oleh pelaku usaha dalam bisnis berubah dari fungsi pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk strategi bisnis. Keberadaan transaksi melalui internet (e-commerce) merupakan alternatif bisnis yang menjanjikan karena memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha dan konsumen. Kegiatan jual beli di internet disebut dengan online shop. Jual beli di internet (online shop) yang dilakukan antara Cloth Inc selaku yang menjual produk pakaian dengan konsumen yang tertarik membeli melalui website www.cloth-inc.com. Penulis dalam skripsi ini menjelaskan mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli melalui online shop Cloth Inc dan penyelesaian sengketa dalam transaksi jual beli melalui Cloth Inc. Perumusan masalah yang didapat adalah bagaimanakah konsepsi hukum tentang perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli melalui online shop Cloth Inc Indonesia dan bagaimana cara penyelesaikan sengketa bisa barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan di online shop Cloth Inc Indonesia. Penulis menggunakan metode yuridis normatif dalam penulisan hukum ini. Penulis mendapat kesimpulan dari permasalahan tersebut yaitu perlindungan konsumen diperlukan karena menimbulkan adanya kerugian bagi konsumen, karena konsumen merupakan pihak yang lemah, dan kurangnya pengetahuan akan hukum perlindungan konsumen. Perlindungan konsumen dapat diberikan berdasarkan asas manfaat, keadilan, keseimbangan, keamanan, dan keselamatan, dan kepastian hukum. Penyelesaian sengketa berkenaan konflik tersebut dapat diatasi dengan cara mediasi dan kekeluargaan dengan adanya penggantian ganti rugi. Saran penulis untuk konsumen adalah lebih berhati-hati lagi dalam memilih online shop dan untuk penjual lebih teliti lagi sebelum mengirimkan barang ke konsumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)