Penelitian ini membahas mengenai persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan yang dimiliki oleh PT. Transportasi Jakarta sebagai pengelola jasa bus TransJakarta sebagai salah satu jasa transportasi umum berskala besar yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai daya upaya untuk mengurangi kemacetan di Jakarta yang salah satunya disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi yang justru kian meningkat setiap harinya. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui adakah faktor yang menyebabkan keengganan masyarakat menggunakan jasa transportasi umum tersebut dan tetap menggunakan kendaraan pribadinya. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bagaimana persepsi masyarakat, dalam penelitian ini diwakilkan oleh mahasiswa UNIKA Atma Jaya, terhadap kualitas pelayanan PT. Transportasi Jakarta (TransJakarta), dimana hasilnya dapat menjadi pertimbangan perusahaan terkait untuk mempertahankan serta memperbaiki kualitas pelayanannya untuk hasil yang lebih baik ke depannya. Penelitian ini berbasis teori ilmu komunikasi, teoripublic relations, teori persepsi, dan teori pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara tatap muka semi tak-terstrukur dengan tiga mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIKA Atma Jaya dan observasi langsung sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bus TransJakarta sudah mampu mengatasi kemacetan di Jakarta, dan sarana yang dimiliki sudah baik, meski beberapa kekurangan seperti sarana pendukung (halte, jembatan penyeberangan) dan jalur bus TransJakarta yang belum steril masih hams diperbaiki oleh PT. Transportasi Jakarta sebagai pengelola bus TransJakarta. |