Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan leverage terhadap luas pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan leverage sebagai variabel independen dan luas pengungkapan CSR sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder dari laporan keuangan dan laporan keberlanjutan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 perusahaan manufaktur selama 4 tahun sehingga menghasilkan 184 unit observasi. Namun, setelah dilakukan uji outliers, jumlah sampel menjadi 100 unit observasi. Penelitian menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis berupa analisis koefisien determinasi, uji F, dan uji t dengan menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap luas pengungkapan CSR, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan, dan leverage tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. |