Program Kampung KB adalah salah satu program yang dibuat pemerintah untuk mengetahui apakah dengan adanya kampung KB bisa meningkatkan Kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk masyarakat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan, perlu dilakukannya suatu kegiatan yang menunjang perkembangan masyarakat, salah satunya adalah program Kampung KB yang dibuat oleh BKKBN.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Strategi Komunikasi Public Relations Program Kampung KB BKKBN pada Masyarakat Pulo Gundul Johar Baru. Teori yang digunakan teori Komunikasi, Strategi, Strategi Komunikasi Public Relations, Kesadaran, Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Hidup. Metode penelitian pendekatan yang digunakan ialah Kuantitatif deskriptif. Strategi Komunikasi Public Relations (Variabel X), mempunyai indikator yang melengkapinya yaitu: Publication (Publikasi dan Publisitas), Event (Penyusunan Program Acara), News (Menciptakan Berita), Community Involvement (Kepedulian kepada komunitas), Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial). Sedangkan indikator Kesadaran (Variabel Y) adalah Kesadaran, Pengetahuan, Menyukai, Perasaan Kegandrungan, Tindakan. Dalam penyebaran kuisioner, 276 kuisioner yang disebarkan ke masyarakat di Kampung KB Pulo Gundul Johar Baru.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Strategi Komunikasi Public Relations Program Kampung KB BKKBN Terhadap Kesadaran Masyarakat Untuk Menggunakan KB Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Masyarakat di Pulo Gundul, Jakarta Pusat |