Anda belum login :: 23 Nov 2024 12:30 WIB
Detail
BukuPengembangan perangkat penilaian autentik mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK (artikel Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 6, No 2 Juni 2016)
Bibliografi
Author: Kustitik ; Hadi, Samsul
Topik: penilaian autentik; prakarya dan kewirausahaan; SMK
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Universitas Negeri Yogyakarta     Tempat Terbit: Yogyakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: 9554-25398-1-PB.pdf (514.61KB; 9 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat penilaian autentik mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK, dan (2) mengetahui karakteristik perangkat penilaian autentik mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dari segi validitas, reliabilitas, dan kepraktisan perangkat penilaian yang dihasilkan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi delapan langkah pengembangan. Langkah pengembangan tersebut yaitu studi pendahuluan, perencanaan produk, pengembangan produk, uji coba terbatas, revisi, uji coba lapangan, revisi akhir, dan diseminasi produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perangkat penilaian autentik terdiri dari perangkat penilaian kompetensi sikap berupa lembar penilaian observasi sikap spiritual, lembar penilaian observasi sikap sosial, lembar penilaian diri, dan lembar penilaian teman sebaya, perangkat penilaian kompetensi pengetahuan berupa lembar penilaian tes tertulis dan lembar penilaian penugasan, dan perangkat penilaian kompetensi keterampilan berupa lembar penilaian unjuk kerja; (2) perangkat penilaian autentik yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)