Anda belum login :: 17 Feb 2025 13:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Tinjauan Yuridis Terhadap Aspek Pemungutan Pajak Dalam Transaksi Perdagangan E-Commerce Melalui Media Sosial Dilihat Dari Peraturan Perpajakan
Bibliografi
Author:
SARA, ELSA MONICA
;
Fristikawati, Yanti
(Advisor)
Topik:
Ekonomi Bisnis
;
Pemungutan Pajak E-Commerce
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Elsa Monica Sara’s Undergraduate Theses.pdf
(1.19MB;
81 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FH-4240
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Seiring dengan perkembangan yang terjadi pada teknologi informasi dan komunikasi menciptakan suatu lapangan kegiatan perdagangan baru yang beroperasi pada dunia internet yang lebih dikenal dengan sebutan kegiatan perdagangan electronic commerce (e-commerce). Dengan berjalannya waktu e-commercepun merambat dari yang awalnya melakukan kegiatan jual beli di suatu situs web kemudian merambat memasuki media sosial dan aplikasi-aplikasi perangkat selular seperti Facebook dan Instagram. Media sosialpun menjadi salah satu tempat untuk melakukan kegiatan jual beli yang paling digemari oleh para pelaku usaha e-commerce sebab melalui media social tersebut para pelaku usaha dapat secara bebas melakukan kegiatan jual beli atas barang atau jasa dagangannya tersebut tanpa memperhatikan kewajiban hukum yang harus dipenuhinya terutama pada aspek pemungutan pajak. Pada tahap penelitian terhadap pemungutan pajak perdagangan e-commerce melalui media sosial ini penulis menemukan permasalahan dimana pelaku usaha e-commerce melalui media social ini tidak melakukan kewajibannya yang seharusnya dipenuhi dalam hal aspek perpajakan atas kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukannya tersebut sebagaimana kegiatan perdagangan pada umumnya yang harus melakukan kewajiban hukum yang telah ditentukan. Penulis mencoba menjelaskan mengenai aspek pemungutan pajak pada transaksi kegiatan perdagangan e-commerce melalui media sosial, sanksi yang dapat dikenakan pada wajib pajak yang mana merupakan pelaku usaha e-commerce melalui media social serta hambatan – hambatan yang terjadi pada penerapan pemungutan pajak pada kegiatan perdagangan e-commerce melalui media sosial ini. Pada skripsi ini penulis menggunakan metode penulisan yuridis normatif. Dari tahap diatas maka pihak pelaku usaha e-commerce yang tidak melakukan kewajibannya tersebut seharusnya mendapatkan suatu sanksi tetapi pada kenyataan dilapangan pihak pelaku usaha tidak mendapatkan suatu sanksi yang membuat para pelaku usaha ecommerce mau melakukan kewajibannya tersebut. Oleh karena itu penulis juga mencari hal-hal yang menyebabkan terjadinya suatu hambatan pada penerapan pemungutan pajak pada kegiatan perdagangan e-commerce melalui media sosial ini. Sehingga pada aspek pemungutan pajak dapat diterapkan secara adil bagi setiap kegiatan perdagangan di Indonesia baik secara konvensional maupun
e-commerce.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)