Latar belakang Feedback merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran keterampilan klinis. Di tingkat preklinik, pembelajaran keterampilan klinis pada umumnya dilakukan dalam skills lab dengan menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah simulasi. Salah satu contoh metode simulasi yang biasa digunakan sebagai metode pembelajaran keterampilan komunikasi adalah dengan menggunakan pasien simulasi (PS). Keunggulan dari penggunaan PS dalam proses pembelajaran keterampilan adalah: PS dapat dilatih untuk memerankan kasus spesifik tertentu serta memberikan feedback yang konsisten dan reliabel dari sudut pandang pasien. Tujuan penelitian Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pelatihan terhadap kemampuan PS dalam memberikan feedback konstruktif kepada mahasiswa. Metode penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan rancangan one group pre-test-post-test. Subyek penelitian adalah 19 PS yang bertugas dalam skills lab blok mental perilaku tahun ajaran 2014/2015. Ada 3 hal yang ingin diukur, yaitu: tingkat kepuasan peserta pelatihan, pengetahuan PS mengenai feedback konstruktif, dan keterampilan PS dalam memberikan feedback konstruktif. Tingkat kepuasan diukur menggunakan kuesioner sedangkan pengetahuan dan keterampilan PS memberikan feedback konstruktif diukur menggunakan soal pre- dan post-test. Hasil Sebagian besarPS (91-96%) merasa puas terhadap pelaksanaan pelatihan serta kemampuan fasilitator dalam memberikan materi. Tingkat pengetahuan PS mengenai feedback konstruktif serta keterampilan PS mengaplikasikan teknik pemberian feedback konstruktif meningkat secara bermakna setelah mengikuti pelatihan. Namun demikian, pelatihan pemberian feedback konstruktif belum mampu meningkatkan keterampilan interpersonal PS. Kesimpulan Modul pelatihan yang diterapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan PS mengaplikasikan teknik pemberian feedback konstruktif. Akan tetapi diperlukan beberapa modifikasi agar pelatihan tersebut juga mampu meningkatkan keterampilan interpersonal PS. |