Saat ini, setiap negara di dunia berada di masa globalisasi sehingga saling membutuhkan dan bergantung satu sama lain. Globalisasi menyebabkan hilangnya batasan-batasan antar negara, sehingga setiap negara berinteraksi dan saling memenuhi kebutuhan satu sama lain yang memberikan keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Multinational company atau perusahaan multinasional mendapatkan dampak positif dari globalisasi berupa kemudahan untuk melakukan bisnis di luar batas-batas suatu negara. Perusahaan multinasional dapat memperluas cakupan perusahaan ke berbagai belahan dunia, sehingga memiliki peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan produknya. Salah satu dari perusahaan multinasional yang telah berhasil melakukan ekspansi ke berbagai negara adalah Melissa Shoes. Melissa Shoes adalah merek terkemuka dari produsen alas kaki yang sudah diakui dunia internasional yaitu Grendene yang berasal dari Brasil. Grenende mengembangkan teknologi termoplastik secara eksklusif untuk Melissa Shoes. Pada tahun 2013, PT Sembilan Ohm Sembilan (SOS) berhasil membawa Melissa Shoes memasuki pasar Indonesia. Dengan visi ingin membawa sesuatu yang baru untuk dunia fashion retail Indonesia, pada akhirnya PT SOS menjadi distributor dan retailer eksklusif Melissa Shoes di seluruh Indonesia. PT SOS yang mengimpor Melissa Shoes dibawa masuk ke Indonesia, tentu saja telah melakukan berbagai pertimbangan matang atas segala potensi dan tantangan yang ada di Indonesia, sebelum membawa Melissa Shoes memasuki pasar Indonesia. PT SOS juga memiliki strategi khusus dalam mengimpor Melissa Shoes memasuki pasar Indonesia, sehingga produk ini bisa diterima oleh masyarakat dan berhasil di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi bisnis yang dilakukan PT SOS dalam mengimpor Melissa Shoes, strategi yang diterapkan agar Melissa Shoes bisa beradaptasi di Indonesia, dan persepsi konsumen terhadap 4P, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi (product, price, place, promotion) Melissa Shoes. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah mix methods. Mix methods digunakan dengan menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif dilakukan untuk meneliti strategi bisnis dari supply side yang dilakukan PT SOS dalam membawa Melissa Shoes memasuki pasar Indonesia, pelaksanaan impor dan faktor-faktor terkait dalam mengimpor Melissa Shoes, faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh Melissa Shoes untuk beradaptasi di pasar Indonesia. Hasil penelitian tertuang dalam bentuk deskripsi atau gambaran secara menyeluruh yang sistematis dan berkesinambungan satu sama lain, sehingga dapat menjawab tujuan penelitian. Data yang diperoleh untuk penelitian kualitatif didapatkan melalui wawancara mendalam dengan narasumber yang dipilih secara purposive sampling, yaitu Marcel Lukman sebagai Komisaris dan CEO PT SOS, Rini Mariana sebagai Head Buyer and Merchandiser Manager Melissa Shoes, dan Hafiz Akhbar sebagai Head Creative and Marketing Manager Melissa Shoes. Pengecekan validitas data dan informasi dilakukan dengan memeriksa dokumen-dokumen terkait impor yang dilakukan PT SOS. Penelitian kuantitatif dilakukan untuk meneliti persepsi dari demand side, yaitu konsumen Melissa Shoes terhadap 4P, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi (product, price, place, promotion) Melissa Shoes. Data kuantitatif diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, yaitu konsumen Melissa Shoes yang melakukan transaksi pembelian pada saat proses penelitian dilakukan di toko-toko Melissa Shoes. Responden dipilih secara nonprobability sampling, dengan teknik judgemental sampling, dengan cara membagikan kuesioner kepada konsumen Melissa Shoes yang melakukan transaksi pembelian pada saat penelitian dilakukan di toko-toko Melissa Shoes. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 50 responden, yang terdiri dari 40% atau sebanyak 20 orang dari konsumen Melissa Shoes di Plaza Senayan, 30% atau sebanyak 15 orang dari konsumen Melissa Shoes di Lotte Shopping Avenue, dan 30% atau sebanyak 15 orang dari konsumen Melissa Shoes di Aeon Mall. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT SOS adalah distributor dan retailer eksklusif Melissa Shoes di Indonesia yang berhasil membuat produk Melissa Shoes sukses di pasar Indonesia. PT SOS melakukan ekspansi secara besarbesaran untuk Melissa Shoes dalam dua tahun terakhir (2015-2016), yang berarti produk ini mendapat respon yang sangat baik dari konsumen. Data penjualan pada tahun 2015 juga menunjukkan bahwa penjualan Melissa Shoes hampir mencapai target, yaitu sebesar 97,7%. Hal ini juga diperkuat dengan hasil penelitian terhadap konsumen Melissa Shoes, yang menunjukkan bahwa mereka sangat puas terhadap produk ini. Konsumen meyakini bahwa citra yang baik yang dimiliki oleh Melissa Shoes sejalan dengan kualitas produk yang sangat baik dan juga harga yang terjangkau. |