Corporate Social Responsibility bukan saja upaya menunjukkan kepedulian sebuah organisasi pada persoalan sosial dan lingkungan, namun juga dapat menjadi pendukung terwujudnya pembangunan yang berkesinambungan dengan menyeimbangkan aspek ekonomi dan pembangunan sosial yang didukung dengan perlindungan lingkungan hidup. Secara tidak langsung apabila perusahaan melakukan kegiatan CSR secara rutin dan berkelanjutan, dapat menarik minat pemegang saham untuk berinvestasi sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh terhadap nilai perusahaan dengan prosentase kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2014. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan alat bantu program E-views 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan kepemilikan manajerial tidak memiliki peran yang signifikan sebagai variabel pemoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan. |