Banyaknya alternatif transportasi antar kota di Indonesia otomatis memunculkan persaingan antar perusahaan-perusahaan transportasi yang ada di pasar. Dengan demikian merupakan hal yang sangat penting untuk dapat memenuhi kepuasan penumpang bagi suatu maskapai untuk dapat bertahan dalam persaingan pasar. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kepuasan penumpang akan suatu jasa layanan transportasi. Diantaranya adalah kualitas pelayanan, tarif dan tampilan fisik. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Tampilan Fisik terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Kelas Bisnis”. Kuesioner disebarkan kepada 400 orang pengguna jasa layanan transportasi kereta api kelas bisnis, pengambilan sampel dilakukan di stasiun kereta api Pasar Senen, Jakarta pada bulan Mei serta penyebaran secara online. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Data dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM), dengan menggunakan LISREL 8.7. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan penumpang kereta api kelas bisnis. Sementara variabel tampilan fisik tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penumpang kereta api kelas bisnis. |