Convenience store merupakan salah satu bisnis ritel yang banyak tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki potensi yang besar untuk berkembang dengan pesat layaknya minimarket dan supermarket di Indonesia. Di dalam penelitian tentang convenience store ini, peneliti berfokus pada dua convenience store yang cukup terkenal di Indonesia yaitu, 7-Eleven dan Lawson. Penelitian mengenai analisis perbandingan format ritel antara 7-Eleven dan Lawson akan membahas mengenai karakteristik dari 7-Eleven dan Lawson, penilaian konsumen terhadap format ritel 7-Eleven dan Lawson, dan keunggulan format ritel 7-Eleven dan Lawson pada empat variabel format ritel, yaitu lokasi, tataletak toko, kualitas dan harga, dan produk yang ditawarkan. Untuk meneliti itu semua, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan penyebaran kuesioner. Studi ini menemukan bahwa 7-Eleven berbeda pada variabel format ritel lokasi dan tata letak toko, karena 7-Eleven memiliki strategi lokasi yaitu, menempatkan gerai di tikungan jalan, selain itu 7-Eleven juga berfokus pada tata letak tokonya dengan menyediakan tempat makan di lantai dua. Untuk Lawson berbeda pada variabel format ritel produk yang ditawarkan, karena Lawson menyediakan produk private label yang bervariasi dengan berbagai jenis makanan dan berbagai rasa. |