Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk pertanggungjawaban sosial yang dilakukan oleh perusahaan yang mengacu pada keuntungan perusahaan (profit), masyarakat (people) dan lingkungan alami sekitarnya juga (planet) sesuai dengan konsep Triple Bottom Line. Penelitian ini membahas secara mendalam mengenai analisis implementasi Program CSR Kampung Koran Kompas Gramedia. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Public Relations dan Corporate Social Responsibility dalam menganalisis implementasi kegiatan CSR Kampung Koran yang termasuk dalam proses perencanaan kerja PR. Program CSR ini dilakukan untuk membangun keselarasan hidup masyarakat dan juga dalam rangka memberdayakan masyarakat sekitar khususnya masyarakat RW 02, 06 dan 14 Kelurahan Gelora dan Grogol Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang bersifat deskriptif dengan pengamatan studi kasus. Sementara pengambilan data dilakukan dengan wawancara semistruktur dengan para narasumber, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kegiatan CSR ini telah berjalan sesuai dengan baik dan manfaat kegiatan CSR ini sudah dirasakan oleh masyarakat serta ketiga keselarasan hidup juga sudah tercapai dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dan kendala dalam pelaksanaannya. |