Penelitian ini membahas evaluasi dari strategi dan implementasi yang dilakukan oleh Public Relations Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya untuk membangun hubungan dengan media. Kegiatan ini perlu diteliti mengingat seorang Praktisi PR harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan media sebagai tugas dan tanggung jawabnya menjaga citra organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi, peran, tugas dan fungsi Public Relations Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya dalam membangun Hubungan Media beserta tantangan dan hambatan yang dialami. Penelitian ini berbasis teori komunikasi organisasi sebagai payung kegiatan hubungan media, teori public relations, media relations, prinsip-prinsip dalam membangun hubungan media, kegiatan hubungan media dan citra. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara tersfruktur dengan pegawai Humas Polda Metro Jaya, dan wartawan dari berbagai media cetak dan online, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan citra melalui hubungan media pada strategi yang dijalankan oleh Humas Polda Metro Jaya. Hubungan media menghasiikan citra positif yang baik. Humas Polda Metro Jaya perlu menjaga hubungan yang saat ini sudah terjalin dan meningkatnya dengan lebih banyak mengadakan kegiatan yang bersifat pemberitaan atau informatif. |