Anda belum login :: 27 Nov 2024 05:01 WIB
Detail
BukuPeningkatan keterampilan membaca siswa sekolah dasar dengan pendekatan proses (dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, November 2000, Th. XIX, No. 4)
Bibliografi
Author: Syamsi, Kastam
Topik: Teaching reading; Process approach; elementary school
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Universitas Negeri Yogyakarta     Tempat Terbit: Yogyakarta    Tahun Terbit: 2000    
Jenis: Article - untuk jurnal ilmiah
Fulltext: 8994-22286-1-PB.pdf (1.4MB; 17 download)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan sikap positif siswa SD terhadap kegiatan pembelajaran membaca, dan (2) meningkatkan ketrampilan membaca para siswa SD.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV dan V
SD Negeri Minomartani 3 Kecamatan Ngaglik Kabupaten
Sleman dengan melibatkan 17 siswa sebagai subjek penelitian. Proses tindakan dilakukan sebanyak satu
putaran. Secara umum penelitian ini dirancang sebagai
berikut : (1) tujuan: menemukan pendekatan peningkatan
keterampilan siswa dalam membaca dan peningkatan
sikap positif terhadap pembelajaran membaca. (2) waktu:
14 kali pertemuan tatap muka, (3) personalia: dosen, Guru
Bahasa Indonesia kelas IV dan V, kepala sekolah, dan
seorang mahasiswa, (4) langkah umum: perencanaan
yang berupa identifikasi masalah yang berkaitan dengan
keterampilan siswa dalam membaca dan sikap siswa
terhadap pembelajaran membaca dan penetapan tindakan
untuk mengatasi permasalahan, implementasi tindakan
(berupa penerapan pendekatan proses dalam pembelajaran
membaca dengan tahapan pramembaca, membaca,
merespon, menggali teks, dan memperluas interpretasi),
pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Instrumen
pemantauan berupa lembar pengamatan dan catatan
lapangan, sedangkan instrumen evaluasi berupa tes
membaca dan angket sikap terhadap pembelajaran
membaca.
Temuan penelitian ini adalah (1) pada dasarnya pendekatan proses dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan sikap siswa terhadap pembelajaran membaca dan ketrampilan membaca, (2) pada tahap pramembaca sebagai bagian dari proses membaca siswa belum memilih sendiri bacaan yang akan dibaca, dan (3) dampak dari pemberian tindakan adalah keterlibatan siswa dalam kegiatan berbahasa. berbicara dan menulis selama mereka mengikuti pembelajaran membaca.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)