Transportasi umum yang cepat, aman, nyaman dan terjangkau sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia untuk mempermudah mereka dalam beraktivitas. Salah satu transportasi umum yang mempunyai visi dan misi tersebut adalah PT. Transportasi Jakarta. Agar visi dan misi PT. Transportasi Jakarta dapat tercapai tentunya dinilai dari kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) dalam menggunakan jasa Transjakarata. Kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) dapat dipengaruhi oleh kualitas jasa (Service Quality) dan nilai pelanggan (Customer Value). Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul: “Analisis Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Transjakarta Dengan Customer Value Berperan Sebagai Variabel Mediasi”. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 400 orang yang pernah menggunakan jasa layanan transportasi Transjakarta setidaknya satu kali, dan pengambilan sampel dilakukan di halte koridor 2 Transjakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM), dengan menggunakan LISREL 8.8. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari Service Quality terhadap Customer Satisfaction Transjakarta dengan dimediasi oleh Customer Value. |