Dalam menghadapi era globalisasi, setiap perusahaan harus mengembangkan strategi dalam mengambil keputusan sehingga dapat memberikan laba bagi perusahaan. Dalam memenuhi aktivitasnya, perusahaan membutuhkan dana agar dapat menjalankan aktivitas dengan lancar. Dana yang dibutuhkan perusahaan dapat diperoleh dari internal dan eksternal perusahaan. Profitabilitas mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba bagi pemegang saham. Selain itu, nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan suatu perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah struktur modal, dan pertumbuhan perusahaan dengan proksi asset growth dan sales growth memiliki pengaruh terhadap profitabilitas yang terlihat pada model- pertama. Selain itu, penelitian ini juga berusaha menguji pengaruh struktur modal, dan pertumbuhan perusahaan dengan proksi asset growth dan sales growth, serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang terlihat pada model penelitian kedua. Penelitian ini dilakukan terhadap sampel 20 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011 sampai 2015. Penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda yang di olah menggunakan IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif signifkan terhadap nilai perusahaan, dan struktur modal berpengaruh negatif terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Sedangkan ertumbuhan perusahaan dengan proksi asset growth dan sales growth tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. |