Anda belum login :: 27 Nov 2024 09:58 WIB
Detail
BukuStudi Kelayakan Pengembangan Bisnis Emmanuell Learning Center Dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum Sd, Smp, Dan Sma Di Indonesia: Pemilihan Dan Studi Kelayakan Model Bisnis
Bibliografi
Author: KURNIAWAN, SARAH EMMANUELLA ; Benarto, Clara Linggaputri (Advisor)
Topik: Model Bisnis/Alternatif; Studi Kelayakan Bisnis; dan Metode Deplhi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Sarah Emmanuella Kurniawan’s Undergraduate Theses.pdf (1.96MB; 8 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-8295
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Emmanuell Learning Center merupakan sebuah lembaga bimbingan belajar yang fokus kepada pendidikan murid SD, SMP, dan SMA di daerah Kelapa Gading. Lembaga Bimbingan Belajar ini melihat bahwa perubahan kurikulum pendidikan dari KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) menjadi Kurikulum 2013 akan berpengaruh terhadap model bisnisnya. Penelitian ini meneliti alternative – alternative model bisnis untuk pengembangan bisnis Emmanuell Learning Center dalam menghadapi perubahan kurikulum SD, SMP, dan SMA tersebut di atas, dengan menggunakan metode Delphi, memilih alternative yang terbaik, dan menganalisis apakah model bisnis terpilih layak untuk dijalankan oleh pemilik Emmanuell Learning Center. Metode Delphi dilakukan dengan melibatkan 3 (tiga) orang Subject Matter Expert. Waktu pelaksanaan penelitian tahapan ini adalah dari tanggal 17 Desember 2014 sampai 16 Juni 2015. Subject Matter Expert dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis metode Delphi, diketahui bahwa perubahan dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 memiliki perbedaan baik secara filosofis maupun praktis. Dari analisis ini didapatkan 3 alternatif program dan dipilih alternative ke-1, yaitu : 1. Alternatif 1 : Emmanuell Learning Center melaksanakan bimbingan belajar berdasarkan Kurikulum 2013 2. Alternatif 2 : Emmanuell Learning Center melaksanakan bimbingan belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dan KTSP 3. Alternatif 3 : Emmanuell Learning Center melaksanakan bimbingan belajar berdasarkan KTSP Analisis selanjutnya adalah analisis kelayakan dimana penulis melakukan analisis berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan baik melalui Subject Matter Expert, data internal Emmanuell Learning Center, dan fakta yang ada di lapangan. Melalui analisis ini dinyatakan bahwa secara keseluruhan baik dari kondisi pasar, kelayakan manajemen, kelayakan manajemen, kelayakan sumber daya manusia, kelayakan pemasaran, kelayakan operasional, model pendanaan, dan proyeksi finansial alternatif yang telah dipilih layak untuk dijalankan. Proyeksi finansial menunjukkan bahwa pada tahun pertama keuntungan yang diperoleh oleh Emmanuell Learning Center adalah Rp10.646.897,00 atau sebesar 35,49%. Proyeksi keuntungan ini lebih besar dibandingan dengan penyimpanan di bank yang hanya menghasilkan Rp210.000,00 atau sebesar 0,70%. Proyeksi keuntungan Emmanuell Learning Center dari tahun pertama sampai tahun kelima terus meningkat. Hal ini terjadi karena biaya operasional Emmanuell Learning Center kecil dan bertambahnya prediksi jumlah murid Emmanuell Learning Center.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)