Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:10 WIB
Detail
BukuKomunikasi Interpersonal Karyawan Divisi Quality Control PT Shin Heung Indonesia
Bibliografi
Author: VIOLITA, LOURENTINA ; Wikarta, P.V. Sriyani (Advisor)
Topik: Komunikasi interpersonal; Karyawan; Divisi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2012034007-Lourentina.pdf (1.03MB; 19 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-558
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Komunikasi interpersonal adalah suatu respon atau tanggapan terhadap interaksi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih melalui sarana media maupun secara langsung untuk menyampaikan suatu pesan maupun tujuan. Ciri yang harus diperhatikan dalam menentukan efektivitas suatu komunikasi interpersonal yang baik yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan antar rekan kerja dan atasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal karyawan divisi Quality control PT Shin Heung Indonesia. Subjek penelitian adalah karyawan divisi Quality Control. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala penilaian untuk mengukur variabel komunikasi interpersonal dan melakukan wawancara kepada lima karyawan. Instrumen penelitian diberikan kepada 32 karyawan. Pada variabel komunikasi interpersonal terdapat 71 pernyataan yang valid dan 9 pernyataan yang tidak valid serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,974. Berdasarkan hasil penelitian komponen keterbukaan diketahui bahwa indikator pemberian tanggapan secara spontan dan umpan balik merupakan indikator tertinggi dengan skor rata-rata sebesar 113 dan indikator terendah adalah indikator keinginan untuk membuka diri dalam berkomunikasi dengan skor ratarata sebesar 112,85. Pada komponen empati, indikator penerimaan terhadap orang lain merupakan indikator tertinggi dengan skor rata-rata sebesar 125 dan indikator terendah adalah indikator kepekaan terhadap perasaan yang lain dengan skor ratarata sebesar 123,43. Pada komponen dukungan, indikator pemberian kritik oleh atasan dan rekan kerja merupakan indikator tertinggi dengan skor rata-rata sebesar 112 dan indikator terendah adalah indikator penghargaan yang diberikan atasan dengan skor rata-rata sebesar 110,43. Pada komponen rasa positif, indikator perasaan positif terhadap orang lain merupakan indikator tertinggi dengan skor rata-rata sebesar 115,57 dan indikator terendah adalah indikator pemberian balasan positif dari situasi positif dengan skor rata-rata sebesar 111,71. Pada komponen kesamaan, indikator kesamaan dalam hal pengalaman merupakan indikator tertinggi dengan skor rata-rata sebesar 113,75 dan indikator terendah adalah indikator kesamaan dalam hal mengirim dan menerima pesan dengan skor rata-rata sebesar 112,75. Komponen yang memiliki skor tertinggi adalah empati dengan total skor rata-rata sebesar 124, 21 dan komponen yang memiliki skor rata-rata terendah adalah komponen dukungan dengan skor rata-rata sebesar 111,21. Berdasarkan hasil analisa secara keseluruhan diketahui bahwa komunikasi interpersonal karyawan divisi Quality Control PT Shin Heung Indonesia terdapat pada klasifikasi tinggi dengan presentase sebesar 53,125. Saran kepada Manager Quality Control PT Shin Heung Indonesia agar dapat memberikan kesempatan untuk para karyawan agar dapat berkembang dan maju dengan cara mengadakan family gathering atau rekreasi bersama dan memberikan dukungan kepada semua karyawan, dapat berupa reward, motivasi, dan lain-lain agar semua karyawan memiliki semangat dan dapat bekerja lebih baik lagi. Saran kepada Kaprodi BK ialah memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk berjuang masalah ataupun kegagalan (nilai UTS dan UAS yang rendah serta tidak lulus dalam mata kuliah), memberikan motivasi dan reward sehingga mahasiswa memiliki keinginan dalam dirinya untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dan mengadakan acara yang dapat menyatukan satu angkatan dan seluruh mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Saran kepada mahasiswa Bimbingan dan Konseling ialah agar penelitian ini dapat menjadi masukan dan juga informasi bagi para mahasiswa yang ingin membuat penelitian lanjutan mengenai komunikasi interpersonal dan dapat dikaji lebih dalam sehingga kemudian dapat dikembangkan menjadi penelitian selanjutnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)