Iklim organisasi merupakan pengalaman dan tanggapan karyawan mengenai suasana lingkungan internal dari organisasi kerja yang mereka alami. Iklim organisasi memiliki sepuluh dimensi, yang meliputi struktur tugas, hubungan imbalan-hukuman, sentralisasi keputusan, penekanan pada prestasi, penekanan pada latihan dan pengembangan, keamanan versus risiko, keterbukaan versus ketertutupan, status dan semangat, pengakuan dan umpan balik, serta kompetensi dan keluwesan organisasi secara umum. Persepsi karyawan terhadap komunikasi internal adalah kesan karyawan mengenai arus dan pertukaran informasi yang terjadi dalam lingkungan internal organisasi. Komunikasi yang baik dalam organisasi dapat memberikan dampak pada proses pencapaian tujuan dari organisasi tersebut. Pada komunikasi internal memiliki empat dimensi, yang meliputi komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal, dan komunikasi lintas saluran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi karyawan terhadap komunikasi internal dan iklim organisasi pada PT Gramedia Asri Media. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah skala penilaian yang mengukur persepsi terhadap komunikasi internal dan iklim organisasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus Product Moment. Hasil ujicoba instrumen persepsi terhadap komunikasi internal diperoleh 35 pernyataan yang dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.925. Instrumen iklim organisasi diperoleh 46 pernyataan yang dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.937. Variabel iklim organisasi ada 54% karyawan yang berada pada klasifikasi positif, sebanyak 41% berada pada klasifikasi cukup positif dan sebanyak 5% karyawan berada pada klasifikasi kurang positif. Persepsi karyawan terhadap komunikasi internal ada 64% karyawan yang berada pada klasifikasi positif, sebanyak 28% berada pada klasifikasi cukup positif dan sebanyak 8% karyawan berada pada klasifikasi kurang positif. Hasil analisis korelasi antara persepsi terhadap komunikasi internal dan iklim organisasi sebesar 0.340 dengan taraf signifikan 0.034. Hasil taraf signifikansi tidak lebih dari 0.05 (5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi karyawan terhadap komunikasi internal dan iklim organisasi pada PT Gramedia Asri Media. Saran peneliti bagi Supervisor PT Gramedia Asri Media agar lebih memperhatikan iklim organisasi pada komponen hubungan imbalan-hukuman bagi karyawan. Hubungan imbalan-hukuman dapat dilakukan dengan cara melakukan promosi jabatan dan memberikan penghargaan berupa tunjangan berdasarkan prestasi yang telah diberikan karyawan kepada perusahaan. Selain itu, pimpinan juga dapat lebih memperhatikan keterbukaan hubungan komunikasi dengan bawahan. Dengan cara menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama antarrekan kerja dan pemberian kesempatan kepada karyawan berkonsultasi dengan pimpinan secara rutin, agar pimpinan dan karyawan memiliki komunikasi yang positif untuk melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik. |