Menghadapi persaingan di Industri Otomotif, Isuzu Khususnya di Jabotabek menjual produk N-Series, PT. Astra International, Tbk - Isuzu Sales Operation melakukan strategi bersaing yang menitikberatkan pada kualitas pelayanan (quality service), pemasaran/penjualan (marketing and sales), serta pengembangan produk (innovation). Strategi bersaing generik yang dilakukan PT. Astra International, Tbk -Isuzu Sales Operation didapat dengan cara menganalisis lingkungan ekstemal perusahaan; lingkungan jauh (factor ekonomi, social, politik, teknologi dan global) dan lingkungan industri (ancaman pendatang baru, tekanan produk pengganti, kekuatan tawar menawar pemasok, kekuatan tawar menawar pembeli dan persaingan), serta melakukan analisis lingkungan internal perusahaan; rantai nilai (aktivitas primer dan aktivitas pendukung). Berdasarkan hasil analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal, Isuzu Sales Operation saat ini menerapkan strategi generik fokus diferensiasi, fokus diferensiasi terhadap segmen pasar mereka untuk menjual produk N-Series, yaitu dengan menjualnya kepada pelanggan yang berkebutuhan akan commercial vehicle yang berbentuk truk, microbus, serta berbentuk box sebagai jasa pengangkut yaitu lebih terfokus kepada konsumen yang membutuhkan tipe kendaraan pengangkut bukan tipe kendaraan penumpang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis SWOT, dari analisis SWOT didapatkan kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang yang dihadapi oleh PT. Astra International, Tbk - Isuzu Sales Operation dalam bersaing di industri otomotif. Berdasarkan hasil analisis SWOT PT. Astra International, Tbk - Isuzu Sales Operation menerapkan strategi (Strength - Threats) yaitu menggunakan kekuatan sebuah perusahan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal. Isuzu Sales Operation mempunyai keunggulan strategi bersaing, yaitu dengan memberikan program diskon dan servis kendaraan gratis untuk menarik pelanggan, memberikan kemudahan kredit untuk pelanggan dengan adanya kerjasama dengan leasing yang dilakukan oleh Isuzu Sales Operation, menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan inovasi pada tiap produk dengan melibatkan |