Globalisasi membawa dampak yang begitu luas terhadap sektor perdagangan. Terhapusnya berbagai hambatan perdagangan antarnegara memicu timbulnya bisnis-bisnis yang berskala internasional. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan peluang bisnis yang berskala internasional adalah PT. Overseas Zone yang merupakan perusahaan jasa konsultan pendidikan yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 2002. Overseas Zone menyadari bahwa peluang bisnis berskala internasional sangatlah luas yang juga disertai dengan ancaman resiko yang tidak kalah besarnya. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, Overseas Zone berupaya untuk menyusun strategi agar dapat bersaing di industri jasa konsultan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis lingkungan bisnis dari Overseas Zone, yang didapatkan melalui analisis lingkungan eksternal yang terdiri dari lingkungan jauh, lingkungan industri, lingkungan operasional, dan analisis lingkungan internal yang dilakukan melalui analisis kegiatan rantai nilai perusahaan, yang terbagi atas aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Analisis lingkungan bisnis ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang diwujudkan melalui analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT kemudian digunakan untuk mendapat kombinasi strategi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Data yang telah diperoleh melalui wawancara dengan beberapa informan akan diolah dan dianalisis untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi bersaing yang saat ini digunakan oleh Overseas Zone untuk menghadapi persaingan di Indonesia. Data-data yang diperoleh untuk melengkapi penelitian ini adalah data primer yang dilakukan melalui wawancara mendalam dan data sekunder yang didapatkan melalui dokumentasi, buku-buku, dan jurnal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Overseas Zone saat ini untuk bersaing dengan kompetitornya adalah strategi fokus diferensiasi, yang diwujudkan melalui fokus Overseas Zone terhadap segmen pasar menengah ke atas dan diferensiasi terhadap produk dan pelayanan yang ditawarkan. Melalui penelitian ini juga diketahui bahwa Overseas Zone harus mengembangkan kekuatan pelayanan yang dimiliki serta menambah jumlah mitra kerja luar negeri dan kantor cabang dalam negeri agar strategi bersaingnya menjadi semakin kuat dan membantu perusahaan untuk menampilkan keunggulan kompetitifnya di pasar. |