Media dalam kebidupan sehari- had sangat diperlukan, karena media memudahkan seseorang dalam mengartikan dan memahami suatu informasi yang diterima. Media pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat membantu dalam menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Namun berdasarkan basil observasi yang telah dilakukan di SD Strada Bhakti Mulia dalam pelaksanaannya penggunaan media pembelajaran di kelas masih sangat rendah, terlebih dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media yang dapat digunakan dalam memudahkan penanaman konsep pembelajaran matematika khususnya materi operasi bitung bilangan bulat. Bentuk penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan hanya menggunakan empat tahap dari sepuluh tahap yang ada. Empat tahap yang dilakukan dalam penelitian ini ialah; penelitian awal, perencanaan, pengembangan produk, dan evaluasi foermatif. Evaluasi formatif dilakukan di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, di SDN Bendungan Hilir 12 Pagi, dan SDN Tengah 08 Pagi dengan melibatkan 1 orang ahli media, 1 orang guru dan 10 orang peserta didik kelas V SD. Hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan diperoleh hasil yang cukup balk. Hal ini dibuktikan dari penilaian dan masukan- masukan yang diberikan validator dan peserta didik. Penilaian yang diberikan ahli media berupa masukan dan tanggapan membangun, sedangkan penilaian dari pengguna berupa persentase nilai yang ditunjukan validitas pengguna menunjukan hasil sebesar 78,3%. Selain berupa hasil dalam bentuk angka juga didapat hasil berupa tanggapan dari pengguna setelah menggunakan media garis bilangan elektrik. Hasil tanggapan yang diberikan pengguna pada saat melaksanakan praktek pembelajaran dengan menggunakan media garis bilangan elektrik ialah penggunaan media garis bilangan elektrik ini memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran operasi hitung bilangan bulat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan agar penggunaan media dalam pembelajaran matematika lebih ditingkatkan, agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. |