Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:12 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Siswa Kelas III SD
Bibliografi
Author:
JULITA, NURUL HANI
;
Agustian, Murniati
(Advisor)
Topik:
Pengembangan Model
;
Pembelajaran Tematik
;
Analisis Kebutuhan.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Nurul Hani Julita’s Undergraduate Theses.pdf
(3.14MB;
38 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-370
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pengembangan model adalah suatu usaha sadar dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses menjabarkan spesifikasi rancangan ke dalam bentuk fisik, pola atau sesuatu yang dibuat atau dihasilkan untuk bertujuan memperbaiki model yang telah ada sebelumnya atau menghasilkan model baru. Pengembangan model secara khusus berarti proses menghasilkan bahan-bahan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran adalah sebagai proses menganalisis kebutuhan, menentukan isi apa yang harus dikuasai, menentukan tujuan pendidikan, merancang bahan-bahan untuk mencapai tujuan khusus, dan melakukan uji coba. Pengembangan model dalam pembelajaran ini dilakukan dalam pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan tumbuhan untuk siswa kelas III. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran untuk mendorong siswa dalam pembelajaran yang aktif dan bermakna. Dalam pengembangan model diperlukan analisis kebutuhan yang merupakan tahap awal dalam pengembangan suatu produk. Analisis kebutuhan adalah proses mengidentifikasi kebutuhan yang dimulai dari mengidentifikasi kesenjangan antara keadaan sekarang dan keadaan yang diharapkan. Berdasarkan Analisis kebutuhan, maka dirumuskannya tujuan (kompetensi) yang akan dicapai sehingga diperlukan pengembangan model untuk buku ajar, media pembelajaran dan penilaian dalam pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan tumbuhan kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan pengembangan model pembelajaran tematik terkait subtema perkembangbiakan tumbuhan untuk siswa kelas III SD dan merumuskan bagaimana penulisan Tujuan Instruksional Khusus terkait subtema perkembangbiakan tumbuhan dalam pembelajaran tematik. Subjek penelitian adalah guru kelas I, II, III di SD Swasta dan Negeri yang berjumlah 10 orang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa diperlukannya pengembangan model pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan tumbuhan untuk kelas III SD. Analisis kebutuhan dalam pengembangan model ini merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran yang menghasilkan peta kompetensi baru pada pembelajaran 1 sampai 5 subtema perkembangbiakan tumbuhan. Sehingga kebutuhan lain yang dibutuhkan dari penelitian awal ini adalah diperlukan pengembangan model untuk buku ajar cetak, media pembelajaran dan penilaian untuk pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan tumbuhan kelas III SD. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberi saran untuk pengembang untuk menindaklanjutin untuk tahap pengembangan model yang sudah sesuai dengan hasil analisis kebutuhan dalam pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan tumbuhan untuk siswa kelas III SD. Selain itu, sekolah harus mampu memfasilitasi dan mendukung guru untuk kreatif mengembangkan buku ajar tematik, media dan penilaian yang sesuai dengan hasil analisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan tumbuhan untuk siswa kelas III SD.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.390625 second(s)