Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:06 WIB
Detail
BukuPengembangan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas III SD
Bibliografi
Author: ALIYAH, FIZANATI ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Pengembangan; Penilaian Autentik; Pembelajaran Tematik; Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-369
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pengembangan ialah proses yang dipakai untuk mengembangkan atau menyempurnakan produk dan memvalidasi produk agar layak digunakan. Pengembangan yang dilakukan dalam dunia pendidikan masih terbilang rendah dan jarang dilakukan. Salah satu pengembangan yang pemah dilakukan ialah pengembangan penilaian autentik. Penilaian autentik ialah proses pengumpulan informasi ataupun data mengenai proses dan hasil belajar yang penerapannya menggunakan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki peserta didik. Dalam penilaian autentik memerhatikan keseimbangan antara penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik. Penilaian autentik sendiri lebih mendorong siswa untuk menampilkan atau mengerjakan suatu proyek. Pada kurikulum 2013, model pembelajaran yang digunakan ialah pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa materi pembelajaran dari berbagai kompetensi ke dalam suatu tema sehingga siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan lingkungan dan pengalaman yang nyata. Subtema perkembangbiakan tumbuhan merupakan bagian dari tema perkembangbiakan tumbuhan dan hewan yang dipelajari oleh siswa kelas III sekolah dasar. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan penilaian autentik yang dapat mencakup semua aspek (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) pada subtema perkembangbiakan tumbuhan di kelas III SD dan untuk mengetahui kualitas dari penilaian autentik khususnya subtema perkembangbiakan tumbuhan yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan analisis konten, dan dianalisis dengan cara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa pengembangan penilaian autentik khususnya subtema perkembangan tumbuhan yang dilakukan sudah mencakup ketiga aspek pembelajaran yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian yang dikembangkan oleh peneliti sudah mempunyai kualitas karena sudah melaui tahap evaluasi oleh ahli dan evaluasi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar para guru mengembangkan penilaian autentik di setiap pembelajaran yang diterapkan. Sekolah juga harus mendukung guru dalam mengembangkan penilaian autentik dan juga memfasilitasi guru dalam mengembangkan penilaian autentik yang mencakup ketiga aspek (sikap, pengetahuan, dan keterampilan).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)