Pembelajaran dengan pendekatan Montessori merupakan suatu pendekatan dengan menerapkan pembelajaran dengan unsur kegiatan (learning by doing) dengan menggunakan alat/media. Peneliti mendapati pendidik di kelas I A mengajarkan siswa untuk menulis tegak bersambung, tanpa adanya pemantapan motorik tangan siswa terlebih dahulu, untuk itu peneliti menerapkan pendekatan Montessori dengan tujuan agar siswa merasa gembira, aktif dan penuh semangat dalam belajar menulis tegak bersambung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Montessori dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis tegak bersambung. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas I A SDN Palmerah 22 Pagi sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dibantu guru kelas I A dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Penelitian ini dibantu oleh observer, yaitu guru kelas I A dan teman sejawat.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan Montessori yang diterapkan pada dua siklus yaitu tiga pertemuan disetiap siklusnya. Pada setiap pertemuan peneliti menerapkan kegiatan dan bantuan media yang berbeda. Siklus I pertemuan pertama melalui kegiatan “coloring and cutting”, pertemuan kedua melalui kegiatan “transferring exercise”, pertemuan ketiga melalui kegiatan “the trying frame”. Siklus II pertemuan pertama memalui kegiatan “play dough”, pertemuan kedua melalui kegiatan “sandpaper letters”, pertemuan ketiga melalui kegiatan “sandtry”. Kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas I A SDN Palmerah 22 Pagi mengalami peningkatan. Hal ini terbukti nilai rata-rata siklus I yaitu sebesar 58,86 meningkat menjadi sebesar 70,83 pada siklus II, maka terdapat peningkatan sebanyak 11,97 poin. Dalam penelitian ini, pembelajaran menerapkan pendekatan Montessori membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis tegak bersambung. Secara keseluruhan setelah pendekatan Montessori diterapkan, keseluruhan nilai rata-rata yang diperoleh siswa menunjukan adanya peningkatan. Dari perolehan nilai menulis siswa, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Montessori dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis tegak bersambung. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru hendaknya merancang dan menerapkan pembelajaran menerapkan pendekatan Montessori, sehingga siswa memiliki minat yang besar untuk belajar menulis tegak bersambung. |